| BAGI ANDA PELAKU PERJALANAN YANG DATANG DARI NEGARA TERJANGKIT (MERS-COV, ZIKA, DLL) AGAR MELAPOR KE KANTOR KESEHATAN PELABUHAN DI BANDARA DAN PELABUHAN TERDEKAT | | PENDAFTARAN PELAYANAN VAKSINASI HANYA DENGAN SISTEM ONLINE MELALUI kespel.kemkes.go.id | | KELENGKAPAN BERKAS DAN PERSYARATAN MCU SILAHKAN LIHAT PADA MENU LAYANAN | | PELANGGAN YANG TERHORMAT, MOHON MAAF ATAS KETIDAKNYAMAN ANDA, DALAM RANGKA MENDUKUNG PROGRAM BEBAS PUNGLI, KAMI MENERAPKAN SISTEM PEMBAYARAN ONLINE DI BANK ATAU KANTOR POS | | BAGI ANDA PELAKU PERJALANAN KE ARAB SAUDI, PASTIKAN ANDA TELAH DIVAKSIN MENINGITIS DAN MEMILIKI BUKU ICV ( International Certificate of Vaccination ) | | BAGI ANDA PELAKU PERJALANAN YANG DATANG DARI NEGARA TERJANGKIT (MERS-COV, ZIKA, DLL) AGAR MELAPOR KE KANTOR KESEHATAN PELABUHAN DI BANDARA DAN PELABUHAN TERDEKAT | | PENDAFTARAN PELAYANAN VAKSINASI HANYA DENGAN SISTEM ONLINE MELALUI kespel.kemkes.go.id | | KELENGKAPAN BERKAS DAN PERSYARATAN MCU SILAHKAN LIHAT PADA MENU LAYANAN | | PELANGGAN YANG TERHORMAT, MOHON MAAF ATAS KETIDAKNYAMAN ANDA, DALAM RANGKA MENDUKUNG PROGRAM BEBAS PUNGLI, KAMI MENERAPKAN SISTEM PEMBAYARAN ONLINE DI BANK ATAU KANTOR POS | | BAGI ANDA PELAKU PERJALANAN KE ARAB SAUDI, PASTIKAN ANDA TELAH DIVAKSIN MENINGITIS DAN MEMILIKI BUKU ICV ( International Certificate of Vaccination ) |

Pelabuhan Khusus Biringkassi

KKP MAKASSAR


PROFIL WILAYAH KERJA PELABUHAN KHUSUS BIRINGKASSI


Pelabuhan Khusus Biringkassi Merupakan Pelabuhan khusus milik PT. Semen Tonasa, terletak di Kabupaten Pangkep, Wilayah kerja Pelabuhan Khusus Biringkassi sebagai salah satu wilayah Kerja Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Makassar bertanggungjawab kepada Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Makassar. Wilayah kewenangan Pelabuhan Khusus Biringkassi adalah Pelabuhan Khusus Biringkassi dan Pelabuhan Maccinibaji.


            Pelabuhan Khusus Biringkassi berjarak 60 Km dari kota Makassar ditempuh dalam waktu 1 jam 30 menit dari kota Makassar terletak di Kecamatan Bungoro di sebelah Utara Kota Pangkep dan Pelabuhan Macinibaji terletak disebelah Barat Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep. 


Kedatangan dan keberangkatan Kapal dari Luar Negeri (Negara Sehat dan Negara Terjangkit) untuk memuat Semen Tonasa atau klinker rata-rata perbulan 3 – 9 kapal. Kedatangan kapal dari Dalam Negeri rata-rata perbulan 194 kapal.

Wilayah administrasi Pelabuhan Khusus Biringkassi dan Pelabuhan Maccinibaji terdiri dari :

1.             Biringkassi

2.             Maccinibaji

3.             Balanglompo

4.             Balobaloang

5.             Kalukulukuang

6.             Sabutung

7.             Sailus

8.             Sapuka

9.             Pamantauang

10.          Dewakang Lompo

11.          Doangdoangan


Pelabuhan Khusus Biringkassi memiliki dermaga sepanjang 2000 meter Pelabuhan ini hanya melayani kebutuhan lalu lintas barang milik PT. Semen Tonasa baik untuk kepentingan ekspor,impor maupun untuk perdagangan interseluler dalam negeri. Letak pelabuhan jauh dari permukiman penduduk dan merupakan area khusus yang dibuka untuk kepentingan lalu lintas kapal / pelabuhan. Beberapa instansi yang melakukan tugas pokok dan fungsinya adalah unsur QIC dan keagenan  PT. Tonasa Lines dan instansi terkait lainnya

Wilayah kerja Pelabuhan Khusus Biringkassi bertanggungjawab langsung Koordinator Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Makassar. Koordinator Wilayah Kerja Pelabuhan Khusus Biringkassi Bapak H. Zulkarnain Amiruddin, S.Sos, SKM merangkap sebagai Pelaksana Sanitasi, dengan 2 orang staff :
1. Ego, SKM, M.Kes sebagai tenaga Pelaksana Epidemiologi
2. Ilham, S.Kep, Ns sebagai Pelaksana Perawat

Bahwa kemajuan teknologi transportasi dan era perdagangan bebas dapat beresiko menimbulkan gangguan kesehatan dan penyakit baru atau penyakit lama yang muncul kembali dengan penyebaran yang lebih cepat dan berpotensi menimbulkan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat (KKM), sehingga menuntut adanya cegah tangkal penyakit dan faktor risiko kesehatan yang komperehensif dan terkoordinasi serta membutuhkan sumber daya peran serta masyarakat, dan kerja sama internasional.  

Penyelenggaraan kekarantinaan kesehatan di pintu masuk berdasarkan undang-undang Nomor 6 Tahun 2018 meliputi :


1.         Kedatangan Kapal


Setiap kapal yang datang baik Dalam Negeri maupun Luar Negeri (Negara Sehat dan Negara Terjangkit) Nakhoda wajib memberikan Dokumen Kesehatan Kapal yang terdiri dari :

a.       Maritime Declaration Of Health (MDH)

b.       Crew List  (Daftar Awak)

c.       Port Of Call List/Voyage Memo (10 Pelabuhan Terakhir)

d.       Vaccination List + Yellow Card

e.       Medicine Certificate + Medicine List

f.        Ship Particuler

g.       Narcotics List

h.       Nil List

i.         SSCEC / SSCC yang masih berlaku (Valid)

j.         Ship’s Health Book (Buku Kesehatan Kapal)

k.       Free Pratique + PHQC dari Pel. Asal.

 

2.         Keberangkatan Kapal


Sebelum keberangkatan kapal, Nakhoda wajib melengkapi dokumen Karantina Kesehatan yang masih berlaku, setelah dokumen dinyatakan lengkap dan pada pemeriksaan pejabat Karantina Kesehatan tidak ditemukan indikasi Faktor Risiko Kesehatan Masyarakat maka nakhoda dapat diberikan Surat Persetujuan berlayar Karantina Kesehatan (Port Health Quarantine Clearance) dan apabila pada saat keberangkatan ditemukan Faktor Risiko Kesehatan Masyarakat maka terhadap kapal tersebut dilakukan tindakan Karantina Kesehatan.

 

Dokumen yang diberikan oleh Nakhoda sebelum keberangkatan kapal :

a.    Ship’s Health Book (Buku Kesehatan Kapal)

b.    Ship Sanitation Control Exemption Certificate (Sertifikat Bebas Tindakan Sanitasi Kapal) / Ship Sanitation Control Certificate (Sertifikat Tindakan Sanitasi Kapal)

c.     Ship’s Certificate Of Medicine Chest (Sertifikat Obat P3K dan alat Kesehatan)

d.    Disinsection Exemption Certificate (Sertifikat Bebas Hapus Serangga) / Disinsection Certificate (Sertifikat Hapus Serangga)

 

3.         Pengamatan dan Pemberantasan Nyamuk meliputi kegiatan :

-          Survei Nyamuk Aedes Aegypti :

a.       House Indeks (HI)

b.       Container Indeks (CI)

-          Survei Nyamuk Anopheles :

a.       Survei larva Dipper Indeks

b.       Man Hour Density (MHD)

 

4.         Pemberantasan Tikus Pinjal meliputi kegiatan :

-          Pemasangan Perangkap Tikus

-          Tikus tertangkap

 

5.         Pengawasan dan Pemeriksaan Penyediaan Air Bersih meliputi :

-                        Pengambilan Sampel Air Bersih pada :

·       Air Galon dari Koperasi PT. Tonasa Lines

·       Hidran Mobil Tangki Air yang mensuplai air bersih ke Kapal.

 

6.         Pengamanan Makanan dan Minuman

Infeksi TPM meliputi :

-                        TPM yang sehat

-                        TPM yang tidak sehat.

 

7.         Higiene Sanitasi Alat Angkut

Pemeriksaan Sanitasi Kapal :

-                         Hasil baik

             Hasil Tidak Baik



Peta Wilayah Kerja