| Selamat datang di zona integritas KKP Kelas I Makassar | | Wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih melayani | | Dilarang memberikan suap / gratifikasi dalam bentuk apapun | | Laporkan bila ada permintaan gratifikasi melalui menu WBS pada website ini | | Untuk kemudahan tentang informasi pelayanan KKP Makassar anda dapat mengakses pada menu SIMPEL-TA pada website ini atau whatsapp chatbot di link ini https://wa.link/dkf0b7 | | Wilayah bebas dari korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani | | Selamat datang di zona integritas KKP Kelas I Makassar | | Wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih melayani | | Dilarang memberikan suap / gratifikasi dalam bentuk apapun | | Laporkan bila ada permintaan gratifikasi melalui menu WBS pada website ini | | Untuk kemudahan tentang informasi pelayanan KKP Makassar anda dapat mengakses pada menu SIMPEL-TA pada website ini atau whatsapp chatbot di link ini https://wa.link/dkf0b7 | | Wilayah bebas dari korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani |



Tujuh Fakultas di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat Gelar MoU dengan KKP Kelas I Makassar


Senin tanggal 27 Februari 2023 adalah peristiwa bersejarah bagi Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Makassar, dikarenakan momentum penandatanganan kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan institusi pendidikan  yang ada di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat. Adapun institusi yang turut andil dalam penandatanganan kerjasama dengan KKP Kelas I Makassar yakni:

1.     Fakultas Vokasi Universitas Hasanuddin

2.      Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin

3.      Fakultas Keperawatan Universitas Hasanuddin

4.      Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

5.     Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Sulawesi Barat

6.     Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia

7.     Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar

 

Kepala KKP Kelas I Makassar, Agus Jamaludin dalam sambutannya pada penandatanganan kerjasama menyampaikan bahwa sesuai amanat Permenkes 33 tahun 2021, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Makassar merupakan Unit Pelaksana Teknis Kementerian Kesehatan yang melaksanakan upaya cegah tangkal keluar atau masuknya penyakit dan/atau faktor risiko kesehatan masyarakat di Wilayah Kerja Pelabuhan, Bandar Udara, dan Pos Lintas Batas Darat Negara. KKP ada empat kelas, yaitu Kelas I, II, III dan IV,  dimana Kelas I lebih besar dan lebih banyak kegiatannya dibandingkan kelas lainnya dan hanya ada 7 di Indonesia diantaranya KKP Kelas I Makassar. Selain itu, KKP Kelas I Makassar juga termasuk sebagai KKP dengan jumlah wilayah kerja yang terbanyak yakni sebanyak 9 wilayah kerja yang tersebar pada dua propinsi yakni Propinsi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat, jadi jangan kuatir mahasiswa Bapak/Ibu bisa ditempatkan di mana saja di Wilayah Kerja KKP Kelas I Makassar, imbuh Agus.

Mengenai instalasi diklat yang ada di KKP Kelas I Makassar bisa dianggap terbesar di seluruh KKP Indonesia, karena telah memiliki sejumlah kerja sama dengan institusi pendidikan dengan jumlah mahasiswa terbanyak yang melakukan rotasi. Bagi mahasiswa yang akan magang harus melalui tahap penandatanganan kerjasama, melaksanakan aturan kedisiplinan yang ketat dengan penerapan standar penerimaan dan kelulusan magang di KKP, sehingga kadang ada mahasiswa yang harus menambah jadwal dinas agar kompetensi tercapai.

 Sebelum mengakhiri sambutannya, Agus menambahkan walau tidak semua kebutuhan mahasiswa dapat  diakomodir namun kami menghaturkan terima kasih tak terhingga atas kepercayaannya menitipkan mahasiswanya untuk melakukan pemagangan di KKP Kelas I Makassar. Ini merupakan momen yang pas bagi KKP untuk bisa berbagi ilmu tentang kekarantinaan, karena tidak menutup kemungkinan, dari sekian banyak yang melakukan pemagangan, akan ada yang melanjutkan karir di KKP Kelas I Makassar.

 Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (UMI), yang diwakili oleh Wakil Dekan I, Bapak Dr. Amran, SKM, M.Kes pada sambutannya menyampaikan bahwa Kerjasama FKM UMI – KKP Kelas I Makassar merupakan perpanjangan kerjasama. Pihak FKM UMI menyampaikan ada kesan tersendiri bagi mahasiswanya selama magang di KKP Kelas I Makassar yakni rasa kepercayaan diri mahasiswa lebih tinggi, kedisiplinan, kerjasama antar tim lebih baik, menjadi ciri khas bagi yang telah melakukan magang di KKP Kelas I Makassar, dan kesan tersebut tidak didapatkan pada institusi lain di luar KKP.  Dan apa yang menjadi motto KKP Kelas I Makassar yaitu cegah tangkal keluar masuknya penyakit sangat sejalan dengan kompetensi dalam melakukan identifikasi faktor risiko sehingga kemampuan tersebut semakin terasah. Selanjutnya Amran menyampaikan permohonan maaf jika selama proses pemagangan ada mahasiswa yang melampaui batas toleransi dan berharap kepada KKP Kelas I Makassar tetap memberikan bimbingan yang maksimal kepada setiap mahasiswa UMI yang magang.

Sementara itu Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Sulawesi Barat, yang diwakili oleh Kepala Program Studi Administrasi Kesehatan, Husni Mubarak, SKM, M.Kes, dalam sambutannya beliau mengharapkan dengan adanya penandatangan kerjasama yang baru ini  dapat menjadi langkah awal yang baik untuk kedepannya bagi Universitas Sulawesi Barat.

dr. Abbas Zavey Nurdin, selaku Ketua Diklat KKP Kelas I Makassar saat diwawancarai menginformasikan, saat ini instalasi diklat KKP Kelas I Makassar telah berusia 3 tahun 4 bulan. Sejak ditetapkan dan sampai saat ini telah bekerja sama dengan 46 program studi, dari 24 fakultas, dan 16 perguruan tinggi yang tersebar di Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tengah. Lebih lanjut Abbas Zavey menyampaikan perjanjian kerjasama ini bertujuan untuk membuat kesepakatan bersama dalam melakukan kegiatan tridharma perguruan tinggi di universitas termasuk didalamnya adalah memberikan pendidikan terkait masalah Kekarantinaan Kesehatan, bidang penelitian di bidang Kekarantinaan Kesehatan, serta pengabdian masyarakat. Untuk pemagangan sendiri Abbas menyampaikan bahwa pemagangan dapat dilakukan di Kantor Induk yang terletak di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin dan di Wilayah Kerja.(Akbar)

KOMENTAR

Agus jamaludin
Feb 27, 2023 1:37 PM

kkp makassar mulai bangkit jangan pernah berhenti unt berkarya dlm mengisi pembangunan. penanganan KKM atau PHEIC tugas KKP dlm melindungi bangsa indonesia sesuai amanah UUD 45... melindungi segenap bangsa indonesia dan seluruh tumpah darah indonesia...

Tinggalkan Pesan