| Selamat datang di zona integritas KKP Kelas I Makassar | | Wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih melayani | | Dilarang memberikan suap / gratifikasi dalam bentuk apapun | | Laporkan bila ada permintaan gratifikasi melalui menu WBS pada website ini | | Untuk kemudahan tentang informasi pelayanan KKP Makassar anda dapat mengakses pada menu SIMPEL-TA pada website ini atau whatsapp chatbot di link ini https://wa.link/dkf0b7 | | Wilayah bebas dari korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani | | Selamat datang di zona integritas KKP Kelas I Makassar | | Wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih melayani | | Dilarang memberikan suap / gratifikasi dalam bentuk apapun | | Laporkan bila ada permintaan gratifikasi melalui menu WBS pada website ini | | Untuk kemudahan tentang informasi pelayanan KKP Makassar anda dapat mengakses pada menu SIMPEL-TA pada website ini atau whatsapp chatbot di link ini https://wa.link/dkf0b7 | | Wilayah bebas dari korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani |



Bersama KKP Kelas I Makassar Sehari Menyelami Dunia Jurnalistik


Makassar - masa pandemi Covid 19, Kantor Kesehatan Pelabuhan kelas I Makassar melaksanakan pelatihan Jurnalistik pada hari Kamis, 08 April 2021. KKP sebagai institusi kesehatan dalam pelaksanaan kegiatannya tetap mematuhi protokol kesehatan adalah hal utama. Kegiatan pelatihan jurnalistik tersebut diselenggarakan secara daring/online oleh panitia diklat selaku Tim Pengelola Website KKP Kelas I Makassar, sekaligus sebagai Narasumber yakni dr. Abbas Zavey Nurdin, Sp.Ok.,MKK (Redaktur) dan H. Wahyudi Hidayat, S.Kep,Ners (Editor). Peserta pelatihan diikuti oleh pegawai KKP Kelas I Makassar baik yang berada dikantor induk maupun di wilayah kerja KKP Kelas I Makassar (wilayah kerja Sulawesi Selatan maupun Sulawesi Barat). Pelaksanaan diklat bertujuan untuk mengasah dan meningkatkan bakat serta kemampuan para pegawai dalam menulis berita. Materi yang disampaikan yakni fotografi dan jurnalistik serta SOP dalam penerbitan berita/artikel di website KKP Kelas I Makassar.

Mempublikasikan berita mengenai kegiatan sehari-hari sebagai bahan laporan terdokumentasi dapat dijadikan sebagai pembuktian kinerja pelaksanaan tugas dan fungsi KKP Kelas I Makassar. Mengikuti diklat online disela-sela rutinitas pegawai bukanlah suatu hambatan bagi pegawai KKP Kelas I Makassar dalam meningkatkan kualitas diri. Antusias peserta dalam mempelajari jurnalistik sangat besar tanpa paksaan sama sekali, terbukti dengan jumlah participant dalam zoom meeting yang stabil dan tidak bergeser dari awal hingga akhir kegiatan yaitu sebanyak 66 participant, berarti 50% dari jumlah pegawai KKP Kelas I Makassar yang hadir dalam diklat tersebut. Ini membuktikan pegawai KKP Kelas I Makassar paham betul dengan kewajibannya untuk senantiasa meningkatkan kualitas dirinya sebagai ASN.

Menyelami dunia jurnalistik merupakan kali kedua dilaksanakan di KKP Kelas I Makassar. Kegiatan yang sama pernah dilaksanakan pada bulan November tahun 2020 dengan menggandeng tiga Narasumber handal dari luar KKP Kelas I Makassar yaitu Sunarti Sain (Pemimpin Redaksi Harian Radar Selatan) dan Yusuf Ahmad (Fotografer Jurnalistik dan Dokumenter) serta Silahuddin Genda (Staf pengajar Unifa dan dosen LB Ilmu komunikasi Universitas Hasanuddin). Hasil dari pelatihan tersebut dinilai sangat positif oleh panitia dengan melahirkan penulis-penulis baru yang memiliki bakat terpendam dari KKP Kelas I Makassar.

Pelatihan jurnalistik ini merupakan pelatihan yang pertama kali menampilkan Narasumber dari dalam lingkup KKP Kelas I Makassar sendiri, dengan memaparkan materi SOP Alur penerbitan berita serta materi dari narasumber diklat sebelumnya dan tentu atas izin ketiga Narasumber luar KKP tersebut.

dr. Abbas Zavey Nurdin, Sp.Ok.,MKK mengawali materi pertama dengan memperkenalkan tim website KKP Kelas I Makassar serta mengajak dan memotivasi participant agar berani mencoba menulis dan tidak perlu takut untuk memulai, dilanjutkan dengan slide SOP alur publikasi. Berita/artikel yang ingin diterbitkan di website KKP, dapat dikirim ke admin tim Website.

Materi selanjutnya, refreshment mengenai fotografi yang pernah disampaikan oleh Narasumber pada diklat pertama (Yusuf Ahmad) tentang Teknik Fotografi. Peserta pelatihan disuguhkan berbagai foto dengan teknik pengambilan gambar baik dari segi komposisi, angle dan lighting. Banyak dari participant antusias ingin mengenal lebih dalam mengenai dunia fotografi serta bagaimana posisi yang baik dan cara pengambilan dengan sudut pandang mana agar gambar terlihat lebih hidup. Fotografi sangat digemari di era digital saat ini, dengan banyaknya postingan foto-foto di media sosial. Memperjelas bahwa dunia fotografi telah diminati banyak kalangan mulai dari yang tua sampai anak kecil sekalipun suka berswafoto/selfie.

Wahyudi Hidayat, S.Kep,Ners selaku narasumber kedua membawakan materi dari Sunarti Sain tentang bagaimana dunia jurnalistik, apa itu jurnalistik baik dari kewartawanan dan pemberitaan, bagaimana dasar hukumnya serta mengapa jurnalistik sangat penting. Hal ini berguna agar dalam menulis senantiasa memperhatikan etika dan aturan yang benar. Materi berikutnya refreshment materi dari Silahuddin Genda yang dibawakan kembali oleh Wahyudi Hidayat mengenai Perencanaan Bahan Berita dan Wawancara, dimana dalam membuat bahan berita ada beberapa hal yang disampaikan dan perlu diperhatikan yaitu adanya TOR (Term Of Reference), serta bagaimana fungsi dan cara menbuat TOR. Salah satu yang menarik dari materi ini yaitu adanya sudut berita (Angle), dalam arti bahwa berita lebih fokus pada sudut pandang dan dasar pemilihan berita.

Refreshment materi jurnalistik bagi alumni diklat pertama dan sebagai pengetahuan tambahan bagi peserta baru diharapkan dapat membuat semangat baru dalam menulis berita, karena menulis dapat dilakukan dimana pun dan dengan sumber apa saja disekeliling kita yang dirasa sangat menarik untuk diangkat.

Harapan dr. Muh. Haskar Hasan M. Kes, selaku Pelaksana Tugas  Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (Plt Kepala KKP Kelas I Makassar), dengan adanya diklat ini dapat meningkatkan kemampuan para pegawai dalam meliput berita terutama kegiatan sehari-hari KKP Kelas I Makassar. Beliau juga menegaskan untuk segera menerbitkan berita-berita baru, jangan sampai berita terlalu lama atau kedaluwarsa, terutama berita mengenai kegiatan KKP Kelas I Makassar, lebih dulu diterbitkan oleh pihak lain. Setelah menyampaikan harapan tersebut sekaligus dilanjutkan dengan penutupan pelatihan jurnalistik. Semoga dengan diklat jurnalistik ini dapat meramaikan dan memberi warna baru pada Website KKP Kelas I Makassar. (MAR)

KOMENTAR

Tinggalkan Pesan