| BAGI ANDA PELAKU PERJALANAN YANG DATANG DARI NEGARA TERJANGKIT (MERS-COV, ZIKA, DLL) AGAR MELAPOR KE KANTOR KESEHATAN PELABUHAN DI BANDARA DAN PELABUHAN TERDEKAT | | PENDAFTARAN PELAYANAN VAKSINASI HANYA DENGAN SISTEM ONLINE MELALUI sinkarkes.kemkes.go.id | | KELENGKAPAN BERKAS DAN PERSYARATAN MCU SILAHKAN LIHAT PADA MENU LAYANAN | | PELANGGAN YANG TERHORMAT, MOHON MAAF ATAS KETIDAKNYAMAN ANDA, DALAM RANGKA MENDUKUNG PROGRAM BEBAS PUNGLI, KAMI MENERAPKAN SISTEM PEMBAYARAN ONLINE DI BANK ATAU KANTOR POS | | BAGI ANDA PELAKU PERJALANAN KE ARAB SAUDI, PASTIKAN ANDA TELAH DIVAKSIN MENINGITIS DAN MEMILIKI BUKU ICV ( International Certificate of Vaccination ) | | BAGI ANDA PELAKU PERJALANAN YANG DATANG DARI NEGARA TERJANGKIT (MERS-COV, ZIKA, DLL) AGAR MELAPOR KE KANTOR KESEHATAN PELABUHAN DI BANDARA DAN PELABUHAN TERDEKAT | | PENDAFTARAN PELAYANAN VAKSINASI HANYA DENGAN SISTEM ONLINE MELALUI sinkarkes.kemkes.go.id | | KELENGKAPAN BERKAS DAN PERSYARATAN MCU SILAHKAN LIHAT PADA MENU LAYANAN | | PELANGGAN YANG TERHORMAT, MOHON MAAF ATAS KETIDAKNYAMAN ANDA, DALAM RANGKA MENDUKUNG PROGRAM BEBAS PUNGLI, KAMI MENERAPKAN SISTEM PEMBAYARAN ONLINE DI BANK ATAU KANTOR POS | | BAGI ANDA PELAKU PERJALANAN KE ARAB SAUDI, PASTIKAN ANDA TELAH DIVAKSIN MENINGITIS DAN MEMILIKI BUKU ICV ( International Certificate of Vaccination ) |



Monitoring Kedatangan Penerbangan Internasional Terkait Antisipasi Masuknya Penyebaran Wabah Virus Corona Via Pesawat Air Asia di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin

Share


Pada Hari Selasa tanggal 3 Maret 2020 pukul 10.58 Wita, bertempat di Terminal Kedatangan Internasional Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, telah dilaksanakan monitoring/ pengawasan kedatangan penerbangan internasional maskapai pesawat Air Asia nomor penerbangan AK-331 dari Kuala Lumpur Malaysia (KUL) sebanyak 135 penumpang. Terkait pencegahan dan antisipasi masuknya penyebaran wabah Pneumonia (dari Cina) yang disebabkan oleh Virus Corona  dan kemungkinan adanya penumpang yang mengalami sakit COVID-19 yang datang dari Luar negeri, untuk itu pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Makassar melakukan pemeriksaan kepada para penumpang secara ketat dengan menggunakan alat Thermal Scanner atau alat pendeteksi suhu panas tubuh manusia, yang apabila ditemukan penumpang dengan peningkatan suhu tubuh lebih dari 38O celcius maka akan dilakukan pengukuran kembali suhu tubuh melalui observasi di Holding Room dimana ruangan ini dilengkapi sistem sirkulasi udara bertekanan negatif dan dilakukan dekontaminasi menggunkaan Body Clean Disinfection Health Quarantine, selanjutnya diarahkan kedalam ruangan karantina untuk dilakukan pemeriksaan  lebih lanjut. Sehubungan hal tersebut dilaporkan sebagai berikut :

a.      Data Pesawat  sebagai berikut :

1.    Pesawat : Air Asia

2.    Aircraft Type : Airbus A320-251N

3.    Flight No. : AK-331.

4.    Registrasi : 9M-AGR

5.    Route : KUL-UPG.

6.    Pilot In Comand (PIC) : Capt.Wan Wen Fei

       7.   Total Penumpang : 135 orang terdiri dari 129 dewasa, 6 child dan 0 infant.

b.      Adapun Para pejabat melakukan kontrol kedatangan penerbangan  Internasional, Sebagai berikut :

1.    General Manager Angkasa pura 1 Bpk Wahyudi

2.    General Manager Airnav Bpk Yasrul

3.    Kepala Otoritas Bandara Bpk Baitul ikhwan

4.    Kepala KKP Kelas i Makassar, dr. Darmawali Handoko, M. Epid

5.    Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel yg diwakili oleh kepala Bidang Pencegahan dan pengendalian penyakit, Dr. Nurul Amin, M. Kes

       6.   Dan beberapa Pejabat instansi terkait dan jajarannya.

c.      Rangkaian kegiatan sbb :

1.    Pukul 10.50 Wita Kepala KKP Kelas I Makassar bersama General Manager Angkasa Pura 1 Bpk Wahyudi, General Manager Air nav Bpk Yasrul bersama pejabat lainya melakukan kontrol diarea kedatangan internasional bersama para Wartawan untuk meliput kedatangan internasional pesawat airasia Dari Kuala lumpur AK-331

2.    Pukul 10.58 Wita pesawat Air Asia nopen AK-331 Tiba di Bandara Internasional Sultan  Hasanuddin, selanjutnya menuju ke Apron Parking Stand nomor 9 untuk melaksanakan proses parkir.

3.     Pukul 11.05 Wita, para penumpang keluar pesawat melalui Gate 6 menuju ke Terminal kedatangan Internasional dengan melewati alat Thermal Scanner atau alat pendeteksi suhu panas tubuh manusia milik KKP Kelas I Makassar, selanjutnya diberikan Kartu Kewaspadaan Kesehatan atau Health Alert Card (HAC) yang diisi oleh pelaku perjalanan.

4.      Pukul 11.10 Wita para penumpang menuju ke Counter Imigrasi dengan menunjukkan dokumen yang terkait keimigrasian pribadi yaitu pasport dan visa.

5.      Pukul 11.15 Wita para penumpang menuju ke conveyor bagasi untuk mengambil bagasi masing-masing.

6.     Pukul 11.20 Wita para penumpang menuju ke pemeriksaan oleh pihak Bea dan Cukai untuk dilakukan pemeriksaan barang menggunakan mesin X-Ray, selanjutnya keluar melalui Pintu Terminal kedatangan.

7.    Pukul 11.30 Wita para penumpang mulai meninggalkan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin menuju tujuannya masing-masing.


Catatan :

1.     Telah dibuat alur masuk bagi pelaku perjalanan internasional sehingga dapat berjalan secara  teratur dan tertib untuk melewati thermal scanner. Selanjutnya pembagian dan pengisian  HAC di meja dalam area karantina. Untuk keluar dari area Karantina pelaku perjalanan menunjukkan HAC yang telah diisi dengan lengkap dan benar. Petugas KKP Kelas I Makassar meminta HAC yang telah diisi untuk diperiksa dan ditelaah. Isian HAC yang lengkap dan tidak memiliki riwayat sakit atau tidak melakukan perjalanan ke negara terjangkit dalam 14 hari maka HAC dipotong oleh petugas. Potongan besar diserahkan ke pelaku perjalanan dan potongan kecil disimpan oleh petugas yang berisi informasi alamat dan nomor telepon pelaku perjalanan untuk memudahkan Petugas KKP melakukan pemantauan dan memberikan notifikasi ke Dinkes Provinsi dan Kab/Kota. Pelaku perjalan selanjutnya diarahkan untuk masuk ke area Imigrasi. Sedangkan isian HAC dengan riwayat perjalanan ke negara terjangkit dalam 14 hari terakhir dan menunjukkan gejala sakit sesuai daftar pertanyaan dalam lembaran HAC diarahkan ke Holding Room untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.   

2.     Selama dilaksanakan pengawasan terhadap penumpang tiba dari luar negeri, pihak KKP belum menemukan adanya penumpang yang memiliki gejala terjangkit COVID-19 (tidak ada gejala demam, batuk dan pneumonia).

3.       Hingga saat ini belum ditemukan kasus masuknya wabah pneumonia (dari Cina) di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar.

4.       Mendukung pihak KKP Kelas I Makassar meningkatkan pengawasan terhadap penumpang datang dari luar negeri.

5.    Kontrol yang dilakukan para pejabat terkait di bandara Internasional Sultan Hasanuddin Sebagai langkah pendeteksian secara menyeluruh dan berkoordinasi dengan instansi terkait sehubungan dengan penyebaran virus Corona (COVID-19).

6.      Untuk memastikan setiap pelaku perjalanan dalam kondisi sehat dan tidak mengalami masalah kesehatan, maka disarankan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan di Klinik Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar

7.    Pelaksanaan kegiatan monitoring berjalan dengan aman dan terkendali.